PENERAPAN SIMULASI DAN PEMODELAN
Dalam penerapan
dunia nyata maka segala sesuatu pasti mengikuti suatu aturan seperti air yang
mengalir dari tempat yang tinggi (gunung) ke tempat (dataran) yang lebih
rendah. Sedangkan pada pemakaian suatu alat bantu yang sangat penting ialah
model abstrak yang perilaku esensialnya mencerminkan perilaku dunia nyata
(realita) yang diwakilinya. Model digunakan dalam banyak cara untuk
mendiskripsikan system untuk mendisain dan mengelola sistem sebagai fungsi analisis.
Analisis ini didefinisikan sebagai determinasi output model, dengan menggunakan
input dan struktur model yang telah diketahui. Dalam membangun analisis
simulasi maka dibangunlah system imitasi dalam simulasi.
Simulasi adalah
tiruan dari sebuah sistem dinamis dengan menggunakan model komputer yang
digunakan untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan kenerja sistem. Tujuan dari
simulasi itu sendiri beberapa diantaranya adalah untuk pelatihan (training),
studi prilaku sistem (behaviour) dan hiburan / permainan (game).
Pada hakekatnya
banyak sekali contoh-contoh bentuk dari pengaplikasian dari simulasi itu
sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Disini kita akan membahas penerapan dari
simulasi dan pemodelan dalam kehidupan sehari-hari diantara nya :
1. Simulasi Sistem Ekonomi Makro
Sistem ekonomi makro suatu
negara dapat disimulasikan sebagai model persamaan linear
variabel keadaan waktu
diskret : x(k + 1) = Ax(k) + Bu(k)
dan y(k) = Cx(k) + Du(k).
Dimana variabel keadaan (state
variable) x(k) pada tahun ke k adalah :
belanja konsumtif dan investasi bisnis swasta. Masukan (input) u(k)
adalah : pajak dan belanja negara, sedangkan keluaran (output) y(k)
adalah : pendapatan nasional.
Dari penjelasan diatas
dapat ditarik kesimpulan bahwa aspek dari simulasi sistem ekonomi makro adalah
waktu, jumlah belanja, investasi bisnis swasta, belanja negara dan
pendapatan nasional sebagai hasil akhir.
2. Simulasi di perbankan
Simulasi sistem perbankan
merupakan simulasi antrian layanan. Misalkan model antrian ATM Bank :
- M/M/1.
Probabilitas nasabah ke n datang ke ATM Bank Pn adalahPn =(1_p)_n,
dimana n = 0, 1, 2,
- Jumlah
nasabah dalam ATM Bank Ls adalah Ls =p/(1-p)
- Jumlah
nasabah yang antri dalam ATM Bank Lq adalah Lq = Ls_p=p2/1-p).
- Waktu
tunggu layanan nasabah Wq adalah Wq =p/µ(1-p).
- Jumlah
nasabah yang datang per jam adalah _. Jumlah nasabah
yang dilayani per jam adalah _. Rasio nasabah yang datang dan
dilayani adalah p=α/µ
3. Simulasi permainan game
Misalkan permainan
berjumlah nol dari dua pemain (two players zero sum game) yang bersaing
dalam memasarkan mobil. Matrik pay o_(hasil riset biro iklan)
adalah seperti Tabel 1 berikut.
Media iklan
|
Surat kabar (mobil B)
|
Radio (mobil b)
|
Televisi (mobil B)
|
Surat kabar (mobil A)
|
-60
|
35
|
30
|
Radio (mobil A)
|
-20
|
0
|
15
|
Televisi (mobil A)
|
50
|
80
|
20
|
Penyelesaian dapat dilakukan dengan : metode aljabar, metode
gra_k, metode program
linear. Hasil simulasi
strategi campuran optimum mobil A adalah X* = [1/4, 0, 3/4].
Strategi campuran optimum
mobil B adalah Y* = [1/12, 0, 11/12]. Nilai Permainan v* =22,5 (Mobil A akan
bertambah pembeli 23 orang dari mobil B).
Permainan (game)
komputer merupakan salah satu jenis simulasi komputer. Beberapa tipe game
komputer antara lain : permainan strategi (strategic game), permainan
ketrampilan tangan dan mata, permainan tantangan (adventure game).
Permainan strategi (strategic
game) merupakan permainan papan (board), kartu (card) atau
permainan yang dimainkan pada suatu grid (biasanya imajiner).
No comments:
Post a Comment