RANCANGAN
SIMULASI DAN PEMODELAN ANTRIAN KASIR DI ALFAMART
A.
Mengidentifikasi Masalah
Di kehidupan sehari-hari kita pasti tidak asing dengan suatu
aktifitas yang disebut dengan antrian. Menurut Siagan (1987), mengantri
merupakan kondisi dimana sekumpulan orang, komponen atau mesin yang membutuhkan
layanan harus menunggu dalam suatu urutan tertentu sebelum akhirnya memperoleh
layanan dari resource yang tersedia. Mengantri dapat terjadi karena kemampuan
menyelenggarakan layanan lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan layanan.
Dalam kasus ini dapat diambil contoh pada antrian kasir Alfamart.
Alfamart merupakan jasa retail yang menjual berbagai barang kebutuhan
sehari-hari. Karena bergerak di bidang jasa, maka sebuah minimarket harus mampu
melayani pelanggannya dengan cepat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama
atau bahkan tidak menunggu sehingga tidak menimbulkan antrian yang panjang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui model
antrian kasir Alfamart menggunakan simulasi software Arena dan untuk membuat
simulasi program dari sistem antrian pada kasir Alfamart. Pada penelitian ini
akan menggunakan simulasi untuk menyelesaikannya. Menurut Prihati (2012),
simulasi merupakan salah satu teknik untuk memecahkan masalah salah satunya
masalah antrian. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memprepresentasikan
sebuah sistem antrian serta menganalisanya adalah software Arena. Model yang
dibuat terdiri dari 2 jenis yaitu model eksisting (saat ini) dan model usulan.
Dengan 2 model yang dibuat diharapkan pihak manajemen mampu mengevaluasi
kinerja antrian menggunakan model eksisting atau model usulan. Berdasarkan
hasil simulasi untuk kedua model, waktu menunggu (waiting time) pada model
exsisting adalah sebesar 0,109 jam dan pada model usulan menjadi sebesar 0,001
jam. Model usulan dilakukan dengan menambahkan kasir sehingga banyaknya antrian
berkurang, pada model exsisting adalah 5 orang dan banyaknya antrian pada model
usulan menjadi 2 orang.
B.
Pendefinisian Model
Berikut merupakan keseluruhan
sistem pada objek pengamatan
C.
Pengumpulan Data
Berikut merupakan waktu
kedatangan pelanggan ke sistem, data waktu mulai dilayani, dan data waktu
selesai dilayani.
D.
Model Simulasi
·
Model simulasi exsisting
pelayanan Alfamart
·
Sistem Model Simulasi Existing
Pelayanan Alfamart
·
Report Output Simulasi Model Exsisting Antrian Kasir
Alfamart
·
Model Simulasi Usulan Pelayanan
Alfamart
·
Sistem Model Simulasi Usulan
Pelayanan Alfamart
·
Report Output Simulasi Model
Usulan Antrian Kasir Alfamart
·
Rekapan Output Model Exsisting
dan Model Usulan
E.
Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk
mengurangi lama waktu mengantri di Alfamart dan untuk memaksimalkan jumlah
konsumen yang dilayani, maka dapat dilakukan perbaikan dengan cara menambah
jumlah kasir, sehingga waktu menunggu dapat diiminimasi.
No comments:
Post a Comment