Thursday, October 24, 2019

Simulasi dan Pemodelan antrian kasir Alfamart menggunakan Software Arena


RANCANGAN SIMULASI DAN PEMODELAN ANTRIAN KASIR DI ALFAMART

A.     Mengidentifikasi Masalah
Di kehidupan sehari-hari kita pasti tidak asing dengan suatu aktifitas yang disebut dengan antrian. Menurut Siagan (1987), mengantri merupakan kondisi dimana sekumpulan orang, komponen atau mesin yang membutuhkan layanan harus menunggu dalam suatu urutan tertentu sebelum akhirnya memperoleh layanan dari resource yang tersedia. Mengantri dapat terjadi karena kemampuan menyelenggarakan layanan lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan layanan.
Dalam kasus ini dapat diambil contoh pada antrian kasir Alfamart. Alfamart merupakan jasa retail yang menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Karena bergerak di bidang jasa, maka sebuah minimarket harus mampu melayani pelanggannya dengan cepat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama atau bahkan tidak menunggu sehingga tidak menimbulkan antrian yang panjang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui model antrian kasir Alfamart menggunakan simulasi software Arena dan untuk membuat simulasi program dari sistem antrian pada kasir Alfamart. Pada penelitian ini akan menggunakan simulasi untuk menyelesaikannya. Menurut Prihati (2012), simulasi merupakan salah satu teknik untuk memecahkan masalah salah satunya masalah antrian. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memprepresentasikan sebuah sistem antrian serta menganalisanya adalah software Arena. Model yang dibuat terdiri dari 2 jenis yaitu model eksisting (saat ini) dan model usulan. Dengan 2 model yang dibuat diharapkan pihak manajemen mampu mengevaluasi kinerja antrian menggunakan model eksisting atau model usulan. Berdasarkan hasil simulasi untuk kedua model, waktu menunggu (waiting time) pada model exsisting adalah sebesar 0,109 jam dan pada model usulan menjadi sebesar 0,001 jam. Model usulan dilakukan dengan menambahkan kasir sehingga banyaknya antrian berkurang, pada model exsisting adalah 5 orang dan banyaknya antrian pada model usulan menjadi 2 orang.

B.     Pendefinisian Model
Berikut merupakan keseluruhan sistem pada objek pengamatan



C.     Pengumpulan Data
Berikut merupakan waktu kedatangan pelanggan ke sistem, data waktu mulai dilayani, dan data waktu selesai dilayani.

D.     Model Simulasi
·         Model simulasi exsisting pelayanan Alfamart

·         Sistem Model Simulasi Existing Pelayanan Alfamart


·         Report Output  Simulasi Model Exsisting Antrian Kasir Alfamart


·         Model Simulasi Usulan Pelayanan Alfamart


·         Sistem Model Simulasi Usulan Pelayanan Alfamart
·         Report Output Simulasi Model Usulan Antrian Kasir Alfamart


·         Rekapan Output Model Exsisting dan Model Usulan
E.     Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengurangi lama waktu mengantri di Alfamart dan untuk memaksimalkan jumlah konsumen yang dilayani, maka dapat dilakukan perbaikan dengan cara menambah jumlah kasir, sehingga waktu menunggu dapat diiminimasi.


No comments:

Post a Comment